• Wed. Jul 24th, 2024

JOSE JULIAN BLOGSPOT

BERSAMA KEMAJUAN TEKNOLOGI, KITA BISA!

SISTEM KOMPUTER, KARAKTERISTIK, KEMAMPUAN DAN KETERBATASAN KOMPUTER

SISTEM KOMPUTER

Arsitektur komputer sangat berkaitan dengan fungsi-fungsi operasi dari masingmasing komponen sistem komputer. Sedangkan organisasi komputer sangat berkaitan dengan unit-unit operasional dan interkoneksinya yang merealisasikan spesifikasi arsitektural.

Susunan atau kumpulan dari komponen-komponen komputer yang saling terintegrasi dan memiliki tujuan melakukan sebuah operasi tertentu terbentuklah sebuah sistem komputer.

Sistem komputer adalah kumpulan dari elemen-elemen komputer (Hardware, software, brainware) yang salin berhubungan (terintegrasi) dan saling berinteraksi untuk melakukan pengolahan data dengan tujuan menghasilkan informasi sesuai dengan yang diharapkan

Pengolahan data dengan komputer tersebut juga dikenal dengan istilah Pengolahan data Elektronik (PDE) / Electronic Data Processing (EDP), yang didefinisikan sebagai proses manipulasi data ke dalam bentuk yang lebih berguna berupa suatu informasi dengan menggunakan komputer

KEMAMPUAN KOMPUTER

Komputer mempuyai kecepatan dan ketepatan dalam mengolah data dan menghasilkan informasi.

Kemampuan kapasitas penyimpanan data dalam memori atau simpanan luar seperti harddisk saat ini terjadi peningkatan kapasitas yang sangat luar biasa.

Kemampuan-kemampuan lain yang dimiliki komputer adalah kecepatan mengirim data dalam format apapun antar komputer dalam jaringan wilayah lokal, regional, maupun global.

Kecepatan akses data dalam sebuah operasi komputer dinyatakan dalam satuan seperti Millisecond (ms), Microsecond (ms), Nanosecond (ns), Picosecond (ps). Satuan Picosecond (ps), merupakan satuan waktu yang paling cepat dalam sebuah akses komputer.

KARAKTERISTIK KOMPUTER

  1. Komputer tidak mempunyai perasaan atau emosi, sehingga komputer dalam melakukan aktifitasnya akan bersifat statis.
  2. Komputer mampu menyimpan data yang besar dan dalam waktu yang lama, dan sifat data yang disimpan bersifat dinamis, dimana sewaktu-waktu data dapat dilakukan perubahan dan pembaharuan jika dikehendaki.
  3. Komputer bisa melakukan pengurutan dan pencarian dalam waktu yang singkat dalam hitungan detik bahkan milidetik meskipun jumlah data sangat besar. Bahkan pengurutan dengan komputer bisa dilakukan secara menaik (ascending) atau pengurutan menurun (descending) dalam waktu sekejap.
  4. Komputer mampu mengolah data perhitungan yang besar dengan cepat dan akurat. Perhitungan aritmatika, logika, dan perhitungan apapun bisa dilakukan dengan presisi yang mendekati seratus persen kebenarannya. Komputer yang berkembang saat ini dalam perhitungan aritmatik. komputer sanggup melakukan perhitungan sampai jutaan triliun dengan angka desimal yang bisa dikatakan tak terhingga.
  5. Komputer juga mampu menerima dan mengeluarkan data atau informasi yang besar dalam waktu yang cepat.

KETERBATASAN KOMPUTER

  1. Komputer tidak bisa berpikir secara dinamis, seperti manusia. Manusia berpikir akan diikuti atas perasaan dan naluri yang bisa menimbulkan reaksi senang, sedih, dan sebagainya, sehingga dalam pengambilan keputusan manusia mendasarkan pada pikiran dan perasaan (hati), sedangkan komputer hanya berdasarkan perhitungan saja.
  2. Pekerjaan yang dilakukan komputer bisa mengurangi tenaga kerja manusia, akibatnya banyak tenaga manusia yang tidak terpakai, sehingga banyak timbul pengangguran.
  3. Data yang tersimpan dalam komputer memiliki resiko yang lebih tinggi, karena dimungkinkan bisa diambil atau disadap oleh pengguna lain (hacker), meskipun telah diberi pelindung program atau password. Seperti terjadinya pemalsuan transaksi seperti di perbankan dan pembobolan kartu kredit.

By Jose Julian

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Selamat pagi, Salam sejahtera bagi kita semua, Syalom, Oom Swastiastu, Namo Buddhaya, Wei De Dong Tian, Salam kebajikan. Perkenalkan Nama Saya JOSE JULIAN HIDAYAT. Saya lahir di DKI Jakarta pada 20 Mei 2002. Disini saya sebagai author, ownwer dan editor dari website ini. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *